Momen Lahirnya ICMI Muda, Pertemuan Deklator ICMI Muda dengan Bj Habibie dan Ketua MPP ICMI Dr Muslimin Nasution

AM Iqbal Parewangi, Ketua Majelis Istiqamah Ikatan Cendekiawan Muslim Muda Se-Indonesia (ICMI Muda), membagikan momen penting jelang lahirnya ICMI Muda. 

Sebuah dokumentasi foto yang diambil sebelum ICMI Muda dideklarasikan pada tanggal 25 Juni 2006 di Makassar  dibagikan oleh AM Iqbal Parewangi. Para deklator ICMI Muda yang dipimpin langsung oleh Iqbal Parewangi sowan silaturahmi ke Pro. BJ Habibie selaku (Pendiri ICMI) didampingi Dr Muslimin Nasution (Ketua MPP ICMI).

Pertemuan tersebut berlangsung khidmat, para deklator menyampaikan maksud dan tujuan pendirian ICMI Muda. BJ Habibie saat itu juga menyetujui berdirinya ICMI Muda, dan para deklator kemudian mempersiapkan deklarasi pendirian ICMI Muda di Makassar 25 Juni 2006.

“Momen indah ketika Prof BJ Habibie (Pendiri ICMI) didampingi Dr Muslimin Nasution (Ketua MPP ICMI) menyetujui berdirinya ICMI Muda. Hampir 2 jam disamping beliau, dalam dialog mendalam kala itu, saya sangat berbahagia. Begitupun dengang para deklarator ICMI Muda yangg hadir.” Kata AM Iqbal Parewangi melalui sebaran di sosial media.

Usai pertemuan tersbut kemudian ICMI Muda lahir, dan dideklarasikan pada tanggal 25 Juni 2006 di Makassar.

Lahirnya ICMI Muda bertujuan memperjuangkan Aspirasi cendekiawan muda muslim seluruh Indonesia.

Saat itu, selang beberapa bulan Keberadaan ICMI Muda yang berkarakter Solidaritas, Persaudaraan dan Kecendekiaan dan bergerak sangat dinamis, mendapat respon positif yang sangat besar dari berbagai kalangan.

Terhitung sejak Deklarasi, ICMI Muda telah berkembang dan direspon dengan sangat cepat oleh para Dosen di seluruh Nusantara.

Bahkan ICMI Muda menjadi organisasi dengan Deklarator terbanyak saat itu.

Tercatat, Deklarator ICMI Muda berjumlah sekitar 1.035- (Seribu Tiga Puluh Lima Deklarator) terdiri dari Deklarator Nasional untuk MPP, Deklarator Wilayah untuk MPW (Provinsi), Deklarator Daerah untuk Kabupaten/Kota (MPD), dan Dewan pengurus Komisariat Kampus Perguruan Tinggi, dan deklarator ICMI Muda Luar Negeri.

Pada saat dideklarasikan, ICMI Muda saat itu tahun 2006 telah terbentuk jaringan DPW tersebar di 25 Provinsi se Nusantara.

Saat ini MPW di 34 Provinsi sudah terbentuk, dan hampir separuh Kabupaten Kota akan segera terbentuk kepengurusan ICMI-Muda.

Adapun kegiatan rutin MPP, MPW, dan MPD-ICMI Muda adalah sebagai berikut:

  1. Mengusung filosofi melahirkan tokoh dengan karakter ke-Indoneisaan, ke-Cendikiaan, ke-Mudaan, dan ke-Islaman.
  2. Program Strategis sesuai Rapimnas & Rakernas.
  3. Kegiatan-kegiatan ilmiah yang berkarakter bernuansa ke-Indonesiaa, ke-Mudaan, ke-Islaman dan ke-Cendikiaan.

Sekretariat:

Gedung Menara 165 Lantai 4
Jl. TB. Simatupang Kav.1 RT 009/003 Cilandak Timur
Pasar Minggu Jakarta Selatan.
Telp. (021) 50812002. Fax. (021) 50812003.
Email: [email protected]