Fakultas Peternakan Universitas Andalas Jajaki Kerja Sama dengan UICI di Bidang Literasi Digital dan Artificial Intelligence

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Andalas (Unand) Dr. Ir. Adrizal, M.Si, berkunjung ke Universitas Insan Cita Indonesia (UICI) pada Selasa (21/06/2022).

Kedatangan Adrizal tersebut diterima oleh Rektor UICI Prof. Laode Masihu Kamaluddin di ruang rektor. Mendampingi Prof. Laode ada Wakil Rektor I Dr.Eng Jaswar Koto dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Abdul Aziz.

Adrizal mengatakan maksud dari kedatangannya ke UICI adalah dalam rangka silaturrahmi dan melakukan penjajakan kerja sama.

“Banyak semestinya yang bisa kita kerjasamakan. Karena kami, Fakultas Peternakan, merasakan kebutuhan ke depan kita butuh integrasi antara peternakan dengan teknologi digital,” kata Adrizal.

Ia mengungkapkan bahwa Fakultas Peternakan untuk saat ini tidak bisa dilihat dari sisi budidaya saja. Fakultas Peternakan juga harus diintegrasikan dengan teknologi digital.

Menurutnya, ke depan teknologi terbaru akan sangat dibutuhkan di dunia peternakan, misalnya untuk produksi, marketing, dan manajemen lainnya.

Adrizal menyampaikan rencana kerja sama itu nantinya mengarah kepada literasi digital dan artificial intelligence.

“Jadi kerja sama itu yang pertama literasi digital dulu ditingkatkan di kalangan dosen dan mahasiswa di Fakultas Peternakan, setelah itu baru kita maju ke artificial intelligence,” jelasnya.

Dijelaskannya, UICI merupakan perguruan tinggi dengan prospek yang bagus di masa depan. Indonesia sebagai negara dengan sumber daya manusia yang luar biasa membutuhkan banyak talenta digital.

“Potensi sumber daya manusia ini harus kita kelola dengan menggunakan teknologi, terutama teknologi digital,” tambah Adrizal.

Sementara itu, Rektor UICI, Prof. Laode Masihu Kamaluddin menyambut baik rencana kerja sama yang ditawarkan oleh Fakultas Peternakan Universitas Andalas tersebut.

“UICI merupakan perguruan tinggi yang terbuka untuk siapa saja yang ingin melakukan kerja sama,” kata Prof. Laode.

Prof. Laode mengungkapkan pentingnya teknologi digital pada bidang peternakan. Keberadaan teknologi digital pada Fakultas Peternakan akan membuat fakultas tersebut semakin maju.

“Keberadaan digital di Fakultas Peternakan akan membuat fakultas ini menjadi semakin menarik dan tentunya lebih maju. Mahasiswa pada nantinya akan lebih tertarik kuliah di Fakultas Peternakan,” ungkap Prof. Laode.(*)