Permudah Pemudik, Kemenkes Bangun Pos Layanan Vaksin di Jalur Mudik

KLIKSAJA.CO – Vaksinasi booster COVID-19 menjadi syarat untuk bisa melakukan mudik lebaran pada 2022 ini. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan pos layanan vaksinasi booster di jalur mudik untuk mempermudah pemudik mendapatkan vaksinasi tersebut.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan untuk jumlah dan penempatan pos akan dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri.

“Karena itu terkait juga dengan persediaan sumber daya manusia (SDM) maupun juga pengelolaan rantai dingin vaksinnya,” kata Nadia saat konferensi pers secara virtual pada Selasa (12/04/2022).

Jumlah vaksin yang disediakan pada saat mudik lebaran ini, lanjut Nadia, disesuaikan dengan jumlah pos mudik. Sebagai contoh pos mudik besar bisa mencapai 1.000 dosis, sementara posko kecil mungkin sekitar 150 sampai 300 dosis.

Pemberian vaksinasi pada pos mudik itu sebagai upaya terakhir. Namun masyarakat diimbau untuk melakukan vaksinasi booster sebelum mudik untuk menghindari kerumunan di pos layanan vaksinasi booster.

Selanjutnya, kata Nadia apabila ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) prosedur penanganan KIPI tetap disiapkan. Seperti mobil ambulans juga obat untuk pereda nyeri setelah penyuntikan.

“Jadi akan ada ambulans yang standby yang nanti akan membawa kalau memang ada kasus KIPI yang tentunya sesuai kriteria butuh perawatan di rumah sakit. Tapi kalau KIPI nya ringan cukup dengan minum pereda nyeri seperti paracetamol,” kata Nadia.