Pimpin Pertemuan IMF-Bank Dunia, Sri Mulyani Bahas Isu Global di IMF-WBK Spring Meeting 2022

KLIKSAJA.CO – Menteri Keuangan akan memimpin Delegasi RI menghadiri rangkaian Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia Tahun 2022 (IMF-WBG Spring Meetings) yang akan berlangsung pada tanggal 18 hingga 23 April 2022 di Washington D.C., Amerika Serikat guna membahas sejumlah isu global yang terus berkembang.

“Saat ini saya sudah berada di kantor Bank Dunia dalam rangka untuk melakukan pertemuan Spring Meeting IMF-World Bank dan pertemuan G20 tingkat Menteri keuangan dan Gubernur Bank Sentral. Kita semua tahu bahwa pertemuan ini akan sangat penting karena banyak sekali perkembangan yang berubah semenjak pertemuan G20 pada Februari 2022 di Jakarta, seperti perkembangan kenaikan harga-harga komoditas akibat perang Rusia-Ukraina dan juga kondisi pandemi yang belum selesai,” ungkap Sri Mulyani dalam video pendeknya, Selasa (19/04/2022).

Ranggkaian pertemuan tersebut terdiri dari pertemuan utama dengan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional, Pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20, pertemuan bilateral dengan mitra internasional, seminar, dialog dan pertemuan dengan pihak swasta.

Menteri Keuangan memulai agenda rangkaian IMF-WBG Spring Meeting dengan melakukan pertemuan bilateral dengan Managing Director of Development Policy and Partnerships, Bank Dunia, Menteri Keuangan Afrika Selatan dan Menteri Keuangan India.

Pertemuan dengan Managing Director (MD) Bank Dunia, Mari Elka Pangestu, membahas mengenai dukungan Bank Dunia untuk agenda transisi energi di Indonesia dan dukungan Bank Dunia untuk Presidensi G20 Indonesia. Terkait dengan transisi energi, saat ini Pemerintah Indonesia sedang melakukan Energy Transition Mechanism (ETM) untuk mengurangi emisi CO2 melalui penghentian bertahap pembangkit listrik tenaga batu bara, dan secara bersamaan, mengembangkan energi alternatif terbarukan.

Bank Dunia akan memberikan dukungan atas upaya Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan agenda ETM tersebut. Pada sisi lain, Bank Dunia membahas berbagai alternatif dukungan untuk Presidensi G20 Indonesia melalui dukungan Side Event dengan tema Country Platform.

Pada hari yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan Menteri Keuangan Afrika Selatan, Mr. Enoch Godongwana, dan Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman.

Dalam pertemuan tersebut dibahas agenda G20 yang akan dibicarakan dalam pertemuan kedua Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (2nd FMCBG) di tengah rangkaian pertemuan Spring Meeting di Washington D.C., yaitu perkembangan ekonomi global dan upaya antisipasi dampak kenaikan inflasi dan harga komoditas dunia; isu kesehatan global, terutama terkait mekanisme pendanaan baru untuk mengatasi pandemi di masa yang akan datang; isu arsitektur keuangan dunia, terutama dalam membantu penanganan utang dari negara miskin dan rentan; serta isu terkait pendanaan yang berkelanjutan (sustainable finance).

Menteri Godongwana menyampaikan dukungannya kepada Presidensi Indonesia di G20 dan berharap Indonesia berhasil dalam memimpin diskusi dan mencapai target deliverables yang telah ditetapkan, meski dalam situasi yang sulit seperti saat ini. Pada akhir pertemuan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengharapkan Menteri Keuangan Godongwana untuk datang secara fisik dalam pertemuan ketiga FMCBG berikutnya pada Juli 2022 di Bali, Indonesia.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Nirmala Sitharaman, India menyampaikan posisinya dalam memahami tantangan yang dihadapi Indonesia sebagai Presidensi G20 untuk menavigasi berbagai dinamika dalam forum G20 yang sulit saat ini.

Namun, Menteri Keuangan Nirmala menyampaikan kepercayaan dan keyakinan bahwa Indonesia akan mampu mengelola tantangan tersebut dan berhasil mencapai target deliverables yang telah ditetapkan. Sebagai bagian dari Troika, India mendukung sepenuhnya Presidensi G20 Indonesia dan berharap kerjasama yang erat untuk melanjutkan agenda Presidensi G20 pada masa Presidensi G20 India tahun 2023.