Ini Fakta Jusak Kereh di Mata Sahabat, Pengusaha Seniman yang Rendah Hati

Foto : Dr Jusak Kereh, SH.,MH.

Pemilik nama Dr Jusak Kereh, SH.,MH. Adakah yang kenal ? Siapa sih sebenarnya beliau ini.

Tentu, kita akan membicarakanya melalui salah seorang sahabatnya yang mengenal lama sosok pengusaha sukses asal Sulawesi Utara ini.

Bagi Max Togas, Jusak Kereh (sapaan akrab), adalah sosok Seniman Jalanan Kota Manado Tempo Doeloe yang Sekarang menjadi Tokoh besar dalam dunia Media TV Swasta yang pernah mengharumkan nama Kota Manado, yaitu lewat PASIFIC TV yang merupakan TV Swasta pertama di daerah Sulut dan dialah sebagai pencetus, pendiri dan pemiliknya.

Masyarakat Kota Manado dan Sulut pada umumnya menjadi terhibur dengan siaran televisi lokal yang merakyat, di antaranya acara WARONG BACARITA yang sangat diminati semua kalangan pemirsa.

Saat ini Pasific TV sudah beralih menjadi KOMPAS TV dan pemilik sahamnya atau Komisaris adalah seorang yang rendah hati yang juga dermawan untuk kaum marginal dialah Jusak Kereh.

Figur Jusak memiliki kepedulian terhadap Kota Manado sejak masih duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA), dia sudah membentuk satu Organisasi Seni Budaya untuk anak-anak muda agar supaya anak muda di Kota Manado bisa terarah pada kreatifitas seni budaya bukan pada perbuatan yang merusak generasi muda seperti pemakai narkoba atau miras.

Jadi di zaman itu ketika anak muda masih banyak ketergantungan hidup pada orang tua, sang Jusak Kereh sudah bisa menghidupkan diri sendiri bahkan orang lain dalam dunia seni dan pementasan, sehingga dulu dia dijuluki Begawan Seni dari Kota Kawanua.

Banyak anak muda menjadi anggota organisasinya yang bernama REPSAL atau Remaja Pencinta Seni, Alam dan Lagu di Kota Manado.

Sehingga banyak pula kader muda REPSAL yang memiliki Prestasi di Daerah bahkan di Nasional baik dari seni tari, seni suara dan seni rupa adalah buah karya seorang Jusak yang memimpin dengan cara penuh perhatian dan kelembutan.

“Jusak Kereh adalah orang yang sederhana, diantara para pengusaha yang sudah ternama di Indonesia. Dia lahir dan dibesarkan dari keluarga Pendeta yang sederhana di Manado,” kata Max Togas, dikutip (10/3).

Bahkan menjadi pemilik dari Stasiun TV Nasional dan usaha besar lainnya. Jusak tetap terlihat dengan kehidupan yang sederhana dan dekat dengan teman-temannya juga masyarakat. Seorang Doktor Cumlaude dari ilmu Hukum Unsrat Manado juga memiliki kemandirian dalam menjalankan beberapa usahanya.