Wamenag Imbau PTK Kawal Penguatan Moderasi Beragama

Zainut Tauhid Sa’adi selaku Wakil Menteri Agama mengimbau segenap civitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) untuk terus mengawal keberlangsungan upaya penguatan moderasi beragama di tengah masyarakat. 

“Perguruan Tinggi Keagamaan harus dapat mengawal keberlangsungan penguatan moderasi beragama di tengah masyarakat,” kata Wamenag Zainut saat bersilaturahim dengan Civitas Akademi UIN KH. Achmad  Siddiq (KHAS) Jember, Jawa Timur. , Sabtu, (05/02/2022).

Selain menjadi program prioritas Kementerian Agama, moderasi beragama, lanjut Wamenag, harus dapat dipahami secara benar serta diimplementasikan. 

“Jangan sampai terjadi pendangkalan pemahaman akan arti moderasi beragama yang sesungguhnya,” jelas Wamenag pada kegiatan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di UIN KHAS Jember itu. 

Wamenag harap, UIN KHAS Jember mampu menjawab serta menjadi penggerak implementasi moderasi beragama yang tidak hanya di masyarakat Jember melainkan di Indonesia yang setiap wilayahnya memiliki kekhasan tersendiri. 

“Barangkali dengan nama baru yang disematkan pada UIN KHAS akan memliki khas atau ciri tersendiri dalam mengimplementasikan nilai moderasi beragama yang penekanannya pada penguatan pendidikan agama dan keagamaan yang baik dan benar sesuai dengan Pancasila,” ujarnya.*)