PT Solmax Perkenalkan Inovasi Tekhnologi Geosintetik dan Geotekstil Untuk Pembangunan Infrastruktur di Wilayah IKN

PT Solmax Geosyntetics memperkenalkan berbagai inovasi produk tekhnologi geosintetik dan geotekstil untuk pembangunan infrastruktur di wilayah IKN.

Pengenalan produk tersebut dilakukan melalui gelaran seminar dua hari yang dilaksanakan pada 11-12 Juli 2023 di JADE Room, Lantai 16 Grand Sudirman Building, Golden Tulip Hotel, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Seminar di gelar pada hari selasa (11/07/2023) jam 08.00 – 17.00 WIB dengan mengusung tema “Geosynthetics Applications for the Development of lKN” yaitu mengupas tentang aplikasi produk geosintetik untuk pembangunan IKN.

Seminar menghadairkan para narasumber para pakar dan ahli dari luar dan dalam negeri diantaranya : Marcus Jong Ching Joo (Technical Services Manager Solmax Geosynthetics), Su Jong Haio (Technical Sales Manager Solmax Geosynthetics), Tan Jun Yuen (Senior Technical Engineer Solmax Geosynthetics), Doyo Lujeng Dwiarso (Country Manager PT Solmax Geosynthetics Indonesia), Teuku Radenal Amir (Design Engineer PT Solmax Geosynthetics Indonesia).

Doyo Lujeng Dwiarso (Country Manager PT Solmax Geosynthetics Indonesia) dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa PT Solmax Geosynthetics Indonesia memiliki misi yaitu ikut berkontribusi dalam pembangunan infratruktur sipil dan lingkungan di Indonesia melalui tekhnologi yang baik dan berkelanjutan atau sustainable.

“PT Solmax Geosynthetics Indonesia sebagai salah satu perusahaan besar di dunia yang memproduksi hampir seluruh jenis geosintetik memikiki misi untuk ikut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur sipil dan lingkungan di Indonesia dengan cara yang lebih baik yaitu melalui produk atau teknologi yang berifat berkelanjutan (sustainibility).” Jelas Doyo Lujeng Dwiarso saat memberikan sambutan pembukaan seminar.

Doyo Lujeng menambahkan tekhnologi yang diterapkan oleh PT Solmax nantinya akan menerapkan tekhnologi pembangunan infrastruktur dengan mengurangi pemakaian jejak karbon, menerapkan waktu yang lebih efektif dan biaya yang lebih efisien.

Dalam paparannya, Doyo Lujeng menjelaskan salah satu produk unggulan PT Solmax yang saat ini juga sedang diterapkan dalam kegiatan pembangunan di wilayah IKN.

“Produk geotekstil woven Mirafi PET100/50 adalah salah satu produk PT Solmax dengan keunggulan kuat tarik tinggi dan elongasi yang rendah saat ini sedang dipakai sebagai perkuatan timbunan di proyek IKN seperti di KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) Sumbu Barat dan Sumbu Timur.” Jelas Doyo Lujeng.

Sementara itu narasumber lain, Marcus Jong Ching Joo (Technical Services Manager Solmax Geosynthetics) menyampaikan pemaparan secara detail detail perancangan untuk perkuatan timbunan di atas tiang, perkuatan dinding dan lereng dengan geosintetik.

Marcus juga menjelaskan beberapa inovasi roduk baru dari pabrikan Solmax diantaranya H2Rx.

“Produk invovasi baru dari pabrikan Solmax yaitu Mirafi H2Rx sangat cocok untuk penanganan subgrade dengan tanah expansif. Jika ada yang berminta silahkan untuk melakukan trial atau percobaan untuk kondisi tanah di Indonesia.” Papar Marcus dalam seminar.

Kemudian narasumber seminar Tan Jun Yuen (Senior Technical Engineer Solmax Geosynthetics) banyak memaparkan tentang tekhnologi penanganan erosi lereng, erosi sungai dan pantai dengan produk-produk inovatif baru PT Solmax seperti TM13c, geobag, sandfilled mattress dan Geotube.

Su Jong Haio (Technical Sales Manager Solmax Geosynthetics) dalam pemaparannya menyajikan tentang tekhnologi inovasi dari PT Solmax yaitu pemilihan lapis kedap geomembran seperti tipe HDPE dan LLDPE serta aplikasinya seperti sebagai lapis dasar dan penutup TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir), lapis dasar kolam dan aplikasi lainnya.

Su Jong Haio juga memaparkan inovasi baru dari produk geomembran lain seperti tipe yang bisa mendeteksi kebocoran melalui induksi listrik, produk berwarna putih yang bisa dipakai untuk kolam resort yang memiliki estetika tinggi.

Doyo Lujeng Dwiarso dalam sesi penutup seminar menyampaikan bahwa acara seminar akan diselenggarakan secara berkala di wilayah lain sebagai upaya PT Solmax Geosynthetics untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Seminar Aplikasi Geosintetik untuk Pembangunan IKN yang digelar oleh PT Solmax Geosynthetics Indonesia dihadiri oleh peserta dari para pemangku kepentingan seperti perwakilan dari Kementerian PUPR (dari bidang Bina Marga, Sumber Daya Air dan Cipta Karya), perwakilan konsultan dan kontraktor yang terlibat dalam proyek IKN, para akademisi (diantaranya dari Teknik Sipil Universitas Balikpapan) dan para partner & distributor Solmax Geosynthetics.